Rabu, 03 Agustus 2016

Mengenal Macam-Macam Sudut Pandang (Angle) Dalam Fotografi

Istilah ''angle''  adalah sudut pengambilan foto yang menekankan posisi kamera pada situasi tertentu dalam membidik objek. Angle ini akan menciptakan foto-foto yang berbeda. Bila sebuah objek lebih menarik jika difoto dengan low angle, belum tentu akan menarik jika dipotret dengan angle lainnya. Ada 5 macam sudut pengambilan gambar (angle) yang umum digunakan dalam fotografi.

1. Eye Level

Sudut pandang ini adalah sudut pandang atau angle yang umum digunakan. Pada angle ini lensa kamera dibidik sejajar dengan tinggi objek. Posisi dan arah kamera memandang objek yang akan dipotret layaknya mata kita melihat objek secara biasa. Pengambilan angle ini kebanyakan untuk memotret manusia dan aktifitasnya 

2. Low Angle

Pada sudut pengambilan foto ini, kamera diposisikan lebih rendah dari objek. Low angle biasanya digunakan untuk menunjukkan kesan elegan, megah dan tangguh. Sudut pandang pemotretan ini sering juga diterapkan pada fotografi cityscape, contohnya pada foto gedung-gedung penacakar langit. 

3. High Angle 

angle ini digunakan untuk menangkap kesan luas dari objek yang di foto. pada angle ini kamera diposisikan lebih tiggi dari objek, sehingga memberi kesan kecil dari objek yang di foto. Dengan angle ini kita bisa memasukan elemen pendukung komposisi kedalam frame. Penerapan high angle bisa juga diterapkan pada foto pemandangan (landscape).

4. Bird Eye View

Anda bisa mencoba mendapatkan hasil yang berbeda dengan mengambil foto yang terletak dari titik ketinggian. Dalam sudut pemotretan ini, posisi objek berada dibawah atau lebih rendah dari kita berdiri. Dari sudut pandangan ini , kita memiliki area pandang yang sangat luas, termasuk juga perspektif objek dan hubunganya dengan benda-benda di sekelilingnya.

5. Frog Eye View

Pada pemotretan dengan angle ini kamera disejajarkan dengan tanah. angle ini biasanya digunakan untuk objek yang posisinya diatas tanah. Untuk pemotretan dengan sudut pandang ini terkadang fotografer harus tiduran di tanah, untuk menghasilkan foto yang bagus.Pada intinya sudut pengambilan gambar (angle) dalam fotografer adalah merupakan kreatifitas dari fotografer. Perlu kreatifitas dan mata jeli dari fotografer dalam melihat objek , untuk menghasilkan foto yang bagus.





0 komentar:

Posting Komentar